7 Gempa Bumi Terbesar Dalam Catatan Sejarah

Beberapa waktu silam Indonesia telah berduka dengan tragedi gempa bumi dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala. Bukan hanya harta benda yang hilang seketika, namun korban jiwa meninggal dan luka-luka juga tercatat cukup banyak, sekitar 1944 korban jiwa meninggal dan sekitar 70 ribu jiwa terdampar tsunami yang terjadi akibat gempa berkekuatan 7.4 SR ini.

Padahal jika dilihat gempa dan tsunami yang terjadi di Palu tidak sebesar gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh 2004 silam. Selain di Aceh, beberapa daerah ini juga pernah mencatatkan sejarah terkait gempa dan tsunami yang luar biasa. Nah berikut adalah 10 tragedi gempa terbesar yang pernah tercatatkan dalam sejarah.

1. Valdivia, Chile 9.5 SR

Gempa bumi terbesar yang pernah melanda Chile bahkan dalam di seluruh dunia adalah pada 22 Mei 1960. Pada gempa dahsyat ini diperkirakan 1655 orang meninggal dunia, 3000 orang menderita luka-luka dan jutaan orang heilangan tempat tinggal mereka. Kerugian yang ditaksir pada tragedy bencana ala mini diperkirakan mencapai angka US$ 550 juta dolar Amerika Serikat.

Bahkan dalam gempa terdahsyat ini bukan hanya negara Chile yang mendapat akibatnya, sebab tsunami yang dihasilkan sampai beberapa negara seperti Hawaii, Filipina dan Jepang. Tak terbayangkan bukan betapa dahsyatnya gempa ini?

2. Prince William Sound, Alaska 9.2 SR

Gempa bumi yang terjadi di negara bagian Amerka Serikat ini merupakan gempa terbesar kedua di dunia dengan kekuatan mencapai 9.2 skala richter. Tepat pada 28 Maret 1964 gempa melanda wilayah Alaska dan menyebabkan tsunami hingga Hawaii.

Tak tanggung-tanggung, pada tragedini gempa bumi berlangsung selama 3 menit lamanya. Bahkan saking hebatnya tsunami yang mencapai Hawaii, tercata 112 orang meninggal dunia.

3. Aceh (Sumatera), Indonesia 9.1 SR

Indonesia juga pernah mentatatkan sejarah dan masuk dalam deretan negara yang pernah dilanda gempa terbesar. Gempa berkekuatan 9.1 SR ini terjadi pada 26 Desember 2004 dan menewaskan sebanyak 227.900 jiwa. Sebanyak 1.7 orang kehilangan tempat tinggal dan ribuan orang menderita luka-luka.

Gempa yang berasal dari selatan Banda Aceh ini bahkan mengakibatkan getaran hingga 14 negara di Asia dan Afrika. Dalam gempa yang hanya menyisakan satu bangunan masjid ini seluruh negara di dunia turut berduka dan menggadakan penggalangan dana demi membangun kembali Aceh seperti semula.

4. Sendai, Jepang 9.0 SR

Terjadi sekitar 7 tahun lalu atau lebih tepatnya pada 11 Maret 2011, gempa yang menghantam kota Sendai Jepang ini menyebabkan kelumpuhan perekonomian di Jepang. Ya, bukan hanya korban jiwa dan financial pada wilayah tersebut, namun perekonomian Jepang saat itu anjlok drastis.

Beberapa kota di sekitar Sendai juga lumpuh total karena reactor nuklir yang rusak akibat gempa.

5. Kamchatka, Russia 9.0

Meski tidak ada korban jiwa dalam tragedi gempa yang terjadi di Russia ini, namun kerugian yang melanda Russia cukup besar yaitu lebih dari 1 juta dollar Amerka Serikat. Angka yang cukup fantastis bukan?

Hebohnya lagi, gempa berkekuatan 9 SR ini terasa hingga Hawaii dan membawa ombak setinggi 9 meter hingga menyebabkan tsunami.

6. Bio-bio, Chile 8.8

Chile kembali berduka dengan gempa yang melanda wilayah Bio-bio. Meski tak sebesar gempa yang terjadi pada tahun 1960 lalu, namun tragedi menyebabkan 521 jiwa melayang, 56 orang hilang dan 12.000 orang mengalami luka-lkuka. Kerugian yang dialami pun cukup besar, bahkan 1,8 uta orang mendapati kerugian harta pribadi dengan catata 800.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Kabarnya, total kerugian yang didapati akibat gempa yang juga menyebabkan tsunami di California dan Amerika Serikat ini mencapai 30 Dollar Amerika Serikat.

7. Panta Ekuador 8.8

Hampir 1 abad lalu Pantai Ekuador juga pernah mendapati gempa berkekuatan luar biasa, 8,8 SR. Gempa yang tepatnya terjadi pada 31 Januari 1906 ini kabarnya menyebabkan 500-1500 jiwa meninggal. Goncangan yang juga menyebabkan tsunami ini terasa hingga San Francisco, Hawaii dan Jepang.

Semoga kedepannya tidak ada gempa bumi ata tragedi bencana alami dahsyat lagi. Meski dengan demikian jiwa kemanusiaan umat di seluruh dunia menjadi lebih baik dan menyatu

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *