8 Pohon Dengan Bentuk Unik dan Aneh, Bikin Ngeri Kalo Diliat Terus

Pepohonan yang tumbuh di alam tidak hanya menjadi hiasan saja melainkan juga bisa bermanfaat untuk manusia yang hidup di bumi kita. Seperti misalnya, bisa meminimalisir terjadinya banjir bandang karena sifat pohon yang menyerap, bisa untuk merindangkan wilayah sekitar kayak di pinggiran jalan perkotaan atau mungkin bisa sebagai taman terbuka hijau di suatu wilayah.D

Disisi lain, beberapa jenis pohon ternyata punya keunikan-keunikan tersendiri bahkan ada yang bentuknya sampai setinggi tiang tower hingga sebesar gedung besar. Tidak percaya? Coba saja anda melihat kelima pohon dibawah ini yang sudah menjadi pusat perhatian sejak dulu karena keanehanya. Pasti akan ada pertanyaan “Kok bisa tumbuh besar dan aneh seperti itu”?

1. Pohon dari Ta Phrom

Pohon ini berada di atas kuil TA Prohm, Kamboja. Dari sanalah asal muasal namanya. Diketahui pohonya terdiri dari dua spesies berbeda namun terlihat menyatu. Bentuk yang besar termasuk dari jenis Tetrameles Nudiflora sedangkan yang agak kecil dari jenis Strangler Fig. Memang nampak mengerikan kalo dilihat dari dekat namun itulah daya tarik sehingga membuat orang-orang ingin melihatnya secara langsung.

2. Pohon Oak Malaikat

Sesuai namanya, seoalah-olah pohon ini tumbuh begitu besar dan melebar jadi terlihat bagaikan sayap malaikat. Tumbuh di wilayah Amerika Serikat tepatnya di Johns Insland, South Carolina. Keunikanya tentu dari batang maupun daunya yang melebar ke samping bahkan bisa mencapai panjang beberapa meter. Menurut sumber, pohon Oak Malaikat pada umumnya memiliki tinggi sekitar 84 meter dengan ranting menjulang kesamping sampai 300 meter. Wow, panjang banget kan?

3. Pohon Darah Naga

Salah satu spesies yang tidak biasa yaitu pohon darah naga dari pula Socotra atau Dracaena cinnabari. Menurut legenda, dinamai naga karena pohon ini berasal dari darah naga yang terluka saat melawan seekor gajah. Kemudian lama-kelamaan tumbuh besar dan mengeluarkan resin saat terluka. Nah, cairan ini dipercaya memiliki magis dan mampu dijadikan obat. Terlepas dari benar tidaknya cerita tersebut, tetap terlihat ngeri kan pohonya, apalagi batang-batangnya kayak terlihat hidup.

4. Pohon Elia Bouybon

Bisa dibilang pohon Elia Bouybon termasuk dalam jenis pohon zaitun yang paling tua di dunia. Walau bentuknya agak aneh tapi sampai sekarang masih tetap mengeluarkan minyak zaitun. Diperkirakan usia pohon ini telah mencapai 3.5000 sampai 4000 tahun lmanya. Nah, mungkin anda ingin melihatnya lebih dekat? Langsung saja menuju desa Ano Vouves, Kreta, Yunani maka akan ada cukup banyak pohon Elia Bouybon.

5. Pohon Tule

Selanjutnya adalah pohon Tule yang namanya berasal dari basah Spanyol disebut El Arbol del Tule. Termasuk ke dalam jenis Montezuma perkasa dengan usia lebih dari 2000 tahun. Pohon ini berada di pusat kota Santa Maria del Tule, negara bagian Oaxaca, Meksiko sehingga membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung atau wisatawan disana. Nah, bentuknya begitu lebar dan tingginya diperkirakan sekitar 300 meter. Menurut beberapa peneliti pohon Tule berasal dari gabungan banyak pohon tapi kenyataanya hanya satu. Hayoo, jadi bingung kan?

6. Pohon Methuselah

Pohon Methuselah adalah pohon jenis pinus dengan usia sangat tua yakni 4.846 tahun. Anehnya, pohon ini justru tidak terlalu memiliki banyak daun melainkan batangnya malah tumbuh besar dan kuat. Anda bisa menemukannya di kawasan White Mountains, California, Amerika Serikat alias harus mendaki gunung terlebih dulu sekitar 11.000 kaki diatas permukaan laut. Mirip pohon-pohon di film Harry Potter ya, mengerikan pula.

7. Pohon Baobabs

Kalo pohon yang satu ini justru kebalikan dari nomor 6 tadi. Ya, pohon Baobabs berbentuk satu batang pohon besar menjulang tinggi dengan bagian atasnya tumbuh dedaunan yang rindang. Batangnya begitu tebal sehingga bisa menyimpang air sampai berbulan-bulan. Beberapa peneliti juga menjuluki pohon ini sebagai “tree of life” atau pohon kehidupan karena mampu hidup berabad-abad. Bahkan di musim paceklik sekalipun, masih selalu berdaun sepanjang tahun. Gimana kalo pohonya benar-benar hidup, makin ngeri!

8. Pohon General Sherman

Dinamai dengan Jenderal Sherman yang berasal dari pimpinan perang saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman, dari seorang naturalis James Wolverten pada tahun 1879. Dari sinilah akhirnya pohon ini dilindungi dalam sebuah taman Nasional Sequoia, Amerika Serikat. Diperkirakan usianya sekitar 2.200 tahun dan pernah dinobatkan sebagai pohon terbesar di dunia dengan ukuran volume badan 1487 m3 (tahun 2002). Jika anda mencoba berfoto disana, sudah pasti akan terlihat sangat kecil nan mungil. Jadi ngeri sendiri andakaita pohonya tumbang atau roboh diterjang angin besar.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *