7 Penyakit Aneh Beberapa Orang Di Dunia

Saat membicarakan tentang penyakit aneh, mungkin yang  terdengar familiar adalah kaki gajah atau Zika. Namun, ada beberapa penyakit yang sangat langka. Sehingga Anda mungkin sama sekali tidak pernah dengar sebelumnya. Mayoritas penyakit ini tidak memiliki pilihan pengobatan dan masih membuat bingung para dokter di seluruh dunia. Inilah beberapa daftar 7 penyakit aneh di dunia.

  1. Penyakit Aneh Progeria

Penyakit Aneh Progeria

Penyakit Aneh Progeria

Pada Umumnya gejala penuaan akan mulai tampak di usia paruh baya. Dan bagi anak-anak yang mengidap  Progeria atau Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome 3, penampilan fisik mereka bahkan sudah tampak seperti lansia berumur 80 tahun meski usia sebenarnya belum menginjak dua tahun. Mereka akan memiliki mata menonjol, hidung tipis dengan ujung berparuh, bibir tipis, dagu kecil, dan telinga mencuat. Progeria disebabkan oleh kecacatan genetik.

Meskipun secara mental mereka masih di bawah umur, fisik anak pengidap progreria secara fisik akan bertambah tua layaknya orang-orang lanjut usia. Mulai dari rambut yang rontok dan beruban, kulit kendur dan keriput terdapat sana-sini, menderita nyeri sendi, hingga pengeroposan tulang.

Progreria adalah kondisi langka yang mengancam jiwa. Kurang lebih sekitar 40 anak-anak di seluruh dunia yang berhasil tumbuh dewasa dengan kondisi ini Rata-rata, anak yang terlahir mengidap progeria tidak akan bertahan hidup melewati usia 13 tahun

  1. Kawasaki

Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki

Kawasaki merupakan penyakit langka yang sering terjadi pada anak-anak. Dalam resiko terburuk, penyakit ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati atau salah penanganan dalam waktu 6 minggu sejak sakit. Kawasaki terjadi akibat peradangan pembuluh darah di seluruh tubuh dan apabila anak berhasil melewati fase tanpa pengobatan, ia akan tetap beresiko menderita kerusakan arteri koroner hingga usia dewasa, sehingga penderita dapat terkena kematian mendadak.

Meski tergolong berbahaya, penyakit ini belum diketahui pengobatan pasti dan pencegahannya. Oleh karena itu, pasien harus dirawat di rumah sakit untuk observasi dan terapi untuk mencegah kerusakan pembuluh jantung.

  1. Muscular Dystrophy 

"<yoastmark

Distrofi otot merupakan gangguan otot bawaan yang disebabkan gen abnormal. Gejalanya antara lain mulai dari ringan sampai berat. Penyebabnya bisa terjadi karena  mutasi pada gen terjadi pada saat pembuahan atau saat perkembangan embrio. Penyebabnya sendiri masih belum diketahui dan gen ini dapat diturunkan secara genetik. Pengobatannya ialah perawatan untuk mengontrol gejala, seperti terapi fisik, penggunaan alat bantu penyokong, tongkat, alat bantu berjalan, dan kursi roda untuk membantu mobilitas, serta pemberian obat bagi penyandang MD tertentu.

  1. Stone Man’s Disease

Stone Man’s Disease

Stone Man’s Disease

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP) atau Stone Man’s disease adalah salah satu kondisi genetik yang paling langka, paling menyakitkan, dan paling melumpuhkan. Stone Man’s disease menyebabkan munculnya pertumbuhan tulang baru untuk  menggantikan otot, tendon, ligamen, dan jaringan ikat lainnya yang seharusnya tidak ditumbuhi tulang.

Penyakit aneh ini disebabkan oleh genetik pada sistem imun tubuh untuk memperbaiki cedera. Setelah cedera, tulang-tulang baru akan berkembang di seluruh sendi sehingga membatasi gerakan dan membentuk kerangka kedua. Kondisi ini membuat pengidapnya seperti patung berjalan. cedera sekecil apapun dan bekas suntikan, akan menyebabkan tulang mulai tumbuh.

Dan sampai sekarang tidak ada pengobatan efektif untuk kondisi ini selain minum obat pereda nyeri umum. Dan FOP sendiri terjadi satu banding sepuluh orang.

  1. Xeroderma Pigmentosum

Xeroderma Pigmentosum

Xeroderma Pigmentosum

Manusia akan membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, tapi sekitar 1 dari 1 juta orang yang memiliki xeroderma pigmentosum (XP) akan sangat sensitif terhadap sinar UV. Mereka harus benar-benar terlindungi dari sinar matahari, atau kalau tidak akan mengalami sunburn ekstrem dan kerusakan kulit parah.

Xeroderma pigmentosum (XP) adalah satu jenis dari gangguan yang dikenal sebagai porfiria. Kondisi ini disebabkan oleh enzim  langka yang menyebabkan kulit tidak bisa memulihkan dirinya sendiri begitu rusak akibat terpapar radiasi sinar UV.

Gejala akan pertama kali muncul pada anak usia dini, dan ditandai dengan kulit melepuh terbakar parah setelah hanya beberapa menit terkena paparan. Mata merah dan kabur, akibat teriritasi dari paparan UV.

Orang-orang pengidap XP beresiko sangat tinggi untuk terkena kanker kulit. Dan biasanya setengah dari semua anak yang memiliki XP akan terserang kanker kulit jenis tertentu pada usia 10 tahun. Diperkirakan bahwa hanya satu dari 250.000 orang di Eropa dan Amerika Serikat yang memiliki XP. Meskipun ada beberapa perawatan, tetapi pencegahan terbaik dari kerusakan kulit parah hanyalah tinggal di kegelapan dan menjauhi diri dari sinar matahari, seperti seorang vampire.

  1. Hypertrichosis (Manusia serigala)

Hypertrichosis (Manusia serigala)

Hypertrichosis (Manusia serigala)

Ada lagi penyakit langka seperti di film yaitu hypertrichosis atau bisa disebut dengan manusia serigala. Dikenal dengan nama lain yaitu congenital hypertrichosis langinose, dan mereka yang lahir dengan kondisi bawaan ini memiliki pertumbuhan rambut terlalu cepat dan banyak akibat mutasi genetik, sehingga menutupi tubuh, termasuk wajah. Itulah alasan mengapa hypertrichosis  disebut sebagai sindrom “manusia serigala” dengan tanpa gigi taring dan cakar tajam menyeramkan.

Kondisi ini juga dapat diakibatkan oleh efek samping pengobatan, meskipun beberapa kasus lainnya terjadi tanpa sebab yang diketahui. Pilihan pengobatannya pun termasuk metode hair removal umum, bahkan waxing dan perawatan laser biasa tidak akan memberikan hasil yang tahan lama.

  1. Alien Hand 

Sindrom Tangan Alien ini merupakan penyakit aneh yang membuat  tubuh sama sekali tidak bisa mengendalikan gerak-gerik tangannya sendiri. Seolah-olah kedua tangannya memiliki nyawa dan jalan pikiran sendiri  yang secara otomatis terpisah dari tubuh induknya.

Peneliti menemukan bahwa otak kiri dan otak kanan pengidapnya mampu bergerak sendiri  atas kemauan independen. Tetapi sindrom ini juga bisa timbul sebagai efek samping yang jarang terjadi akibat cedera otak.

Sindrom Tangan Alien ini pun  masih belum ada obatnya, tetapi memberikan sesuatu benda  untuk selalu digenggam tangan cukup membuatnya berhenti bergerak sementara waktu.

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *