10 Anak Berkebutuhan Khusus Berprestasi

Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak lain pada umumnya dan memiliki beberapa keterbatasan. Mereka bisa menunjukan ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Keterbatasan yang dialami seseorang ternyata bukan menjadi penghalang orang tersebut untuk meraih prestasi layaknya orang-orang dengan kondisi fisik yang normal.

Ada banyak penyandang disabilitas yang mampu memberikan motivasi bagi kita yang  memiliki fisik yang lebih sempurna agar tidak mudah berputus asa dalam menjalani kehidupan ini. Inilah 10 anak berkebutuhan khusus dengan prestasi segudang:

  1. Anak Berkebutuhan Khusus Oscar Yura Dompas

Oscar Yura Dompas

Oscar Yura Dompas

Anak ini berasal dari Indonesia, Oscar Yura Dompas merupakan penyandang autis yang tergolong berprestasi spesial. Walaupun Oscar seorang autis, dia mampu menyelesaikan kuliah S-1 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Oscar yura dompas pun  berhasil meraih rekor muri karena telah menjadi seorang sarjana dan juga menjadi seorang penulis buku “Autistic Journey” dan “The Life Of the Autistic Kid Who Never Give Up”.

  1. Akademisi Daniel Tammet

Daniel Tammet

Anak Berkebutuhan Khusus Savant Syndrome Daniel Tammet

Daniel Tammet merupakan seorang Penulis, linguist dan pendidik yang telah  dinobatkan sebagai 1 dari 100 orang jenius yang masih hidup di dunia, Daniel Tammet dikenal sebagai ‘Brainman’. Daniel lahir pada  31 Januari 1979 ini mulai menarik perhatian  semua orang pada tahun 2006 setelah menulis buku terlaris New York Times berjudul “Born On A Blue Day“. Dan Buku tersebut menceritakan kehidupannya sebagai penyandang autistic savant dan telah menginspirasi banyak orang dengan bukunya tersebut.

  1. Musikus Matt Savage

Matt Savage

Remaja Istimewa Matt Savage

Matt Savage sendiri dikenal sebagai musisi autistic savant Amerika. Matt Savage di diagnosis PDD (Pervasive Development Disorder Unspecified) pada usia 3 tahun dan kemudian tumbuh menjadi seorang musisi jazz. Di usianya yang masih muda, matt  dikenal sebagai seorang pianis jazz profesional dengan trionya sendiri. Matt Savage sendiri telah bermain sebagai musisi dewasa terbaik di masanya dan telah bermain musik di seluruh dunia. Dia juga telah merekam tiga CD audio, yang hasilnya akan disumbangkan untuk penelitian dan dukungan kepada autisme. Bahkan seorang Dave Brubeck yang dikenal sebagai ‘legenda jazz’, menyebut Matt Savage sebagai ‘Mozart of jazz‘.

  1. Seniman Satoshi Tajiri

Satoshi Tajiri

Pencipta Pokemon Go Satoshi Tajiri

Satoshi Tajiri sendiri telah dikenal sebagai seorang desainer video game Jepang yang menciptakan Pokemon. Pria kelahiran 28 Agustus 1965 ini juga menciptakan salah satu video game yang paling populer di dunia seperti  Game Freak dan Inc, yang menciptakan game secara eksklusif untuk Nintendo. Meski didiagnosis dengan sindrom Asperger itu tidak menjadi penghalang seorang  Satoshi Tajiri yang telah tumbuh menjadi pengusaha Nintendo yang sangat kreatif tapi tertutup dan eksentrik.

  1. Penulis John Elder Robison

John Elder Robinson

John Elder Robison

Buku terlaris New York Times yang berjudul “Look Me in the Eye” dan diterbitkan pada tahun 2007 oleh Random House. Buku ini mengisahkan tentang kehidupan John Elder Robison yang tumbuh sebagai penyandang autisme. John sendiri telah didiagnosis dengan sindrom Asperger, namun ia telah sangat dikenal karena bakatnya dalam mekanika dan elektronika. Dengan Kemampuan yang dimiliki  membuatnya dengan mudah diterima di perusahaan sound milik Pink Floyd. Dan Dia sekarang mempunyai bisnis sendiri, yakni mengumpulkan dan memperbaiki mobil antik Eropa. John juga menceritakan kisahnya dengan rasa humor dan sikap yang jujur. Ia pun menggambarkan tentang apa yang membuatnya berbeda dari orang lain di sekitarnya.

  1. Penyanyi Adam Young

Anak Berkebutuhan Khusus Adam Young Owl City

Adam Young Owl City

Young merupakan seorang vokalis band Owl City. Pria ini merupakan seorang  musisi, penulis lagu dan penyanyi asal Minnesota yang didiagnosa menderita sindrom Asperger. Ia mengaku sebagai seorang yang pemalu dan introvert secara sosial, namun hal ini tidak menghalanginya untuk berkarya dalam bidang yang sangat ia sukai yaitu musik. Adam Young sendiri  memulai bereksperimen dalam membuat musik dengan laptop kesayangannya, keyboard electric, syntizer dan beberapa alat musik lainnya di basement orang tua nya yang diceritakannya sebagai hasil dari kesulitannya saat tidur di malam hari atau insomnia.

  1. Atlet Dimas Prasetyo

Atlet Bulutangkis Dimas Prasetyo

Atlet Bulutangkis Dimas Prasetyo

Dimas Prasetyo merupakan Salah satu penyandang disabilitas di Indonesia yang memiliki prestasi luar biasa. Dimas sendiri mampu membuktikan, bahwa dirinya mampu menjuarai kompetisi bulutangkis tingkat internasional. Dan Dalam Special Olympics World Games tahun 2015 di Los Angeles, Dimas mampu membawa pulang 3 medali emas dari cabang bulutangkis untuk mewakili Indonesia.

  1. Aktivis ABK Risnawati Utami

Risnawati Utami

Risnawati Utami

Walaupun Memiliki keterbatasan fisik sejak usia 4 tahun nyatanya tak membuat Risnawati berkecil hati. Meskipun ia harus menggunakan kursi roda sejak kecil, namun sejak duduk di bangku SD hingga SMA ia tetap mengikuti sekolah formal seperti anak normal pada umumnya. Risna selalu menjadi juara kelas hingga akhirnya ia mampu meraih beasiswa S-1 di Brandeis University tepatnya di Waltham Amerika Serikat. Dan risnawati utami membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi untuk meraih beasiswa sampai luar negri sekalipun.

  1. Atlet Wahyu Setiawan

Wahyu Setiawan

Atlet Lari Wahyu Setiawan

Sejak berusia 4 tahun, Wahyu harus kehilangan penglihatannya. Akan tetapi pemuda ini justru mampu membuktikan, bahwa keterbatasannya tak menjadi penghalang untuk meraih impian. Pemuda ini telah meraih prestasi menjadi juara 1 lari paralimpik tingkat nasional dan menjadi  juara 1 lari 100 dan 200 meter tingkat nasional dan menjadi wakil Indonesia di Paragames 2015 di Singapura serta menjadi juara 1 dan 2 dalam ajang catur beregu Asia Pasifik.

  1. Atlet Michael Rosihan Yacub

Michael Rosihan Yacub

Pegolf dengan Down Syndrome Michael Rosihan Yacub

Michael Rosihan Yacub merupakan Seorang pemuda dari Indonesia berhasil membuat sebuah prestasi di bidang olahraga. Michael Rosihan Yacub menunjukkan bahwa terkena down syndrome tidak akan berpengaruh pada keinginannya untuk berprestasi. Meskipun dengan IQ sebesar 35 ternyata Michael mampu mencatatkan namanya di MURI sebagai satu-satunya pegolf paling muda dengan down syndrome dan mampu bertanding dengan para pegolf normal. Padahal golf merupakan olahraga yang membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi. Tetapi seorang Michael rosihan yacub bisa menaklukkannya, walaupun dia seorang berkebutuhan khusus.

Itulah 10 anak berkebutuhan khusus yang sangat berprestasi di bidangnya, walaupun mereka berbeda dengan yang lain itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mendapat apa yang Ingin dicapainya dan impiannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *