5 Rumah Unik yang Bikin Geleng Kepala

Rumah unik adalah suatu hunian yang lain daripada yang lain. Sudah barang pasti, jika rumah adalah salah satu kebutuhan pokok bagi setiap manusia. Sebagai tempat berlindung dari segala kondisi baik panas maupun dingin, rumah juga berfungsi sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga dan juga tempat ternyaman bagi penghuninya.

Maka tak heran jika banyak orang sering menyebut ‘rumahku istanaku’, seringkali orang melakukan segala hal untuk membuat ‘istana’-nya terasa nyaman, menyenangkan, dan terlihat indah. Tapi bagaimana jika terdapat rumah yang justru terlihat unik, tidak seperti rumah-rumah pada umumnya?

Di beberapa belahan dunia ini ternyata ada lho, rumah-rumah yang sengaja dibangun dengan desain atau model yang terbilang unik bahkan aneh. Segelintir orang di dunia ini rela membangun sebuah rumah unik ini dengan biaya yang tak murah tentunya, hingga penyelesaian pembangunannya pun membutuhkan waktu lama hingga bertahun-tahun, cukup mengejutkan bukan? Apa saja sih rumah-rumah unik itu? Ini dia kami rangkumkan rumah unik yang mencengangkan dan bikin anda geleng-geleng kepala dibuatnya, mari simak!

  1. Cubic House

"<yoastmark

Rumah unik yang pertama adalah cubic house, rumah kubik ini berada di Rotterdam tepatnya di Overblaak Street, tepat berada di atas stasiun metro Blaak. Rumah ini dibangun oleh arsitek bernama Piet Blom pada tahun 1974. Pada cubis house ini terdapat 38 kubus kecil dan 2 yang disebut kubus super kesemua kubus itu dibentuk saling menempel satu sama lain. Rumah ini terdiri dari 3 lantai yang meliputi, lantai pertama sebagai ruang tamu dan dapur terbuka, lantai kedua berisi kamar tidur dan kamar mandi, dan lantai teratas sering kali digunakan sebagai taman kecil.

Rumah ini dibuat dengan dinding dan jendela yang miring, dengan kemiringan 54,7 derajat, dengan luas total bangunan 100 meter persegi, akan tetapi dari keseluruhan bangunan tersebut terdapat sekitar seperempat dari ruangan bangunan yang tidak dapat digunakan, diakibatkan dindingnya yang berada dibawah langit-langit miring. Gimana menurut Anda sangat unik bukan?

  1. Rumah Unik Fallingwater House

"<yoastmark

Fallingwater House atau rumah air terjun ini berada di wilayah pedesaan southwestern Pennsylvania, 69 km dari Pittsburgh. Rumah ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Frank Llyod Wright. Lokasi rumah ini berada di dataran tinggi Laurel di Pegunungan Allegheny, yang tujuan pembangunannya untuk rumah peristirahatan di akhir pekan atau saat berlibur untuk keluarga Liliane Kaufmann dan keluarganya. Fallingwater House dibangun pada tahun 1936 – 1939, dengan menghabiskan biaya hingga $ 155.000 pada saat itu yang jika dihitung dengan inflasi maka biaya tersebut pada saat ini ada di kisaran $ 15 juta dollar. Angka tersebut jika dikurskan dalam rupiah mencapai 210 Miliar, angka yang cukup fantastis bukan?

Desain Fallingwater House kental dengan gaya interior jepang, karena arsiteknya yang sangat tertarik dengan arsitektur jepang. Rumah ini terkenal dengan hubungannya yang erat dengan lingkungan, khususnya pada penggabungan antara elemen eksterior dan interiornya yang menekankan pada keharmonisan antara manusia dan alam. Rumah ini dibangun di atas sebuah air terjun din Bear Run di area Stewart township yang air terjunnya mengalir tepat dibawah rumah ini.

  1. Boeing 727 House

Rumah Unik Boeing 727 House

Rumah Unik Boeing 727 House

Pernahkan Anda berpikir untuk memiliki rumah di dalam pesawat? Jika pernah, Anda bisa saja mewujudkannya lho. Di Oregon, Amerika Serikat terdapat sebuah pesawat yang disulap menjadi sebuah rumah oleh seorang Pria bernama Bruce Campbell. Pria berusia 66 tahun ini membeli sebuah pesawat boeing 727 bekas dan menjadikan tempat tinggalnya, ia juga masih menggunakan kembali beberapa interior asli pesawat seperti bangku dan lampu. Ia juga menambahkan beberapa interior baru seperti dapur, ruang untuk mencuci, dan ruang tidur.

Pesawat yang difungsikan sebagai rumah ini berada di atas lahan seluas 40.468 meter persegi, Campbell membeli pesawat bekas tersebut dengan harga Rp 306 juta. Namun setelah ia berhasil mengubah pesawat bekas menjadi sebuah hunian unik, harganya pun menjadi berlipat-lipat lebih mahan mencapai Rp 2,9 miliar. Apakah anda tertarik dengan rumah ini? Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi bukan?

  1. Heliodome

  1. Bangunan Unik Heliodome

    Bangunan Unik Heliodome

Heliodome atau biasa disebut juga dengan Bio-Climatic house ini berada di Coseiller, tepatnya di pedesaan Alsacian dekat Strasbourg, Perancis. Bangunan ini di bangun pada tahun 2011, yang dibangun oleh Eric Wasser.  Hunian ini memiliki desain unik. Pastinya Anda akan geleng-geleng saat melihatnya, dengan di desain sebagai jam matahari tiga dimensi raksasa. Rumah ini juga disebut dengan rumah UFO, Heliodome dirancang untuk memaksimalkan penggunaan energi matahari.

Tujuannya untuk menjaga keteduhan di dalamnya. Heliodome dapat menangkap energy matahari di musim dingin dan menyimpannya di musim panas. Rumah surya bioklimatik ini terbuat dari kayu, kaca dan beton. Heliodome merupakan sebuah arsitektur rumah pamungkas yang dapat dimodulasi untuk berbagai fungsi.

  1. The Natalius House

The Natalius House

The Natalius House

Rumah ini berada di Naucalpan de Juarez, Meksiko. Rumah unik berbentuk kerang ini dirancang oleh arsitek Javier Senosiain dari Arquitectura Organica. Insipirasinya dari karya Gaudi dan Frank Llyod Wright. Rumah ini dinamai cangkang natalius Cephalopod, dimana bangunannya meniru bentuk cangkang yang melengkung. Struktur bangunan rumah ini menggunakan ferrosemen yang terdiri dari kerangka kawat berdiameter kecil. Kemudian rangka ini diperkuat dengan baca yang dilapisi lapisan beton. Bahannya pun tidak lebih berat dari batu bata dan tahan terhadap gempa.

Rumah unik ini diterangi dengan cahaya alami dari atas serta dari dinding luarnya. Selain itu pada depan bangunan terdapat patung di pintu masuknya yang mencolok dengan dinding kaca patri yang warna-warni. Setiap elemen yang yang digunakan dipilih dengan cermat sesuai dengan tema bangunan yang organik

Pada awalnya The Natalius House ini dihuni oleh sebuah keluarga muda dengan dua anak. Mereka telah bosan hidup di rumah seperti biasa. Hingga akhirnya muncul ide untuk merubah rumah menjadi suatu yang berhubungan rekat dengan alam. Desain rumah ini sangat inovatif, tidak biasa dan sangat berani. Bangunan ini didasarkan pada prinsip alami yang bentuknya organic membawa pengunjungnya kembali ke sejarah local Meksiko.

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *